" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Senin, 10 Desember 2012

Tiramisu

Saatnya memanjakan diri season ke dua....setelah yang pertama ber tradisional ria dengan Ketan Bubuk Kedelai, saatnya kita coba makanan orang bule... *pura-puranya gak punya timbangan badan. Pas lagi repot-repotnya minggu lalu, disempetin beli keju Mascarpone dan dah niat setelah kesibukan selesai mau bikin tiramisu. Dannn..... baru hari ini bisa terwujud. Haduwww.... puasnyaaaaa!!!!!!!


Mascarpone adalah keju segar dari Italia yang dibuat dengan menggunakan krim dari susu sapi.[1] [3] Karena pembuatannya menggunakan krim, maka keju ini termasuk ke dalam jenis keju krim.[4] Keju Mascarpone berwarna putih atau kuning serta memiliki tekstur yang sangat lembut dan halus.[5] Mascarpone sering digunakan untuk membuat hidangan penutup seperti Tiramisu serta sebagai pengganti krim dalam hidangan pasta ataurisotto.[5] [1] [2] Dibutuhkan waktu beberapa hari setelah proses pembuatan agar keju ini matang dan siap dikonsumsi.[5] [2] Karena penggunaan krim dan bukan susu, maka Mascarpone memiliki kandungan lemak yang tinggi, yaitu 75%. (http://id.wikipedia.org/wiki/Mascarpone)

Oo..ooo...... *panik. Ternyata saya masih nggak bisa lupa kalo saya punya timbangan..hehehhe. Kata om wiki, keju yang satu ini lemaknya cukup tinggi!!!! Jadi..... satu gelas cukup kali ya untuk memanjakan diri, besok saatnya nggenjot sepedah lagi... ^^




Tiramisu
Source : 50 resep Cheese Cake Variatif, Sedap

Ingredients :
75 gr sponge finger, potong-potong

Bahan larutan kopi : aduk rata
2 sdt kopi instant
1 sdm gula pasir
100 ml air mendidih
2 sdm rhum (saya ndak pake)

Bahan krim keju :
2 kuning telur
15 gr gula pasir halus
300 gr keju mascarpone (saya cuma pake 250 gr)
1/2 sdt pasta tiramisu
2 putih telur
1/8 sdt garam
35 gr gula pasir halus

Bahan taburan :
10 gr coklat bubuk



Method :

  1. Krim keju : kocok kuning telur dan gula pasir sambil direndam dalam mangkuk berisi air panas sampai gula larut. Angkat dari rendaman dan kocok lagi sampai kental, sisihkan.
  2. Kocok keju marcarpone dan pasta tiramisu asal rata. Masukkan kocokan kuning telur. Kocok rata, sisihkan.
  3. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  4. Masukkan sedikit-sedikit ke kocokan keju sambil dikocok perlahan. Masukkan ke dalam kantong plastik segitiga.
  5. celup sponge finger dalam larutan kopi.
  6. Tata didasar gelas kecil. Semprotkan krim keju. Tutup lagi dengan sponge finger yang sudah dicelup campuran kopi. Tutup lagi atasnya dengan krim keju.
  7. Ayakkan coklat bubuk di atasnya, sajikan dingin.


And I'm done!!!!!!


Stay cooking with love......

-eeyand-

4 komentar:

  1. your picture is stunning!

    Thank you for this month's DMBLGIT submission, happpy to follow you:-)

    Jehanne@thecookingdoctor.co.uk

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you for stopping by jehanne, and thank's for hosting the event..

      Hapus
  2. Hi Iyan... :) Thanks for submitting your lovely photo to DMBLGiT January 2013. Your photo has been uploaded to the gallery and available to be viewed by now. Wishing you good luck, dear !

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...