" PLEASE DO NOT USE THE PHOTOGRAPHS IN THIS BLOG WITHOUT MY PERMISSION "

Rabu, 08 Mei 2013

Sticky Apple Date Puddings


"Pudding" samakah dengan "Puding"??????. Di Indonesia, kata puding selalu identik dengan sajian penutup bertekstur lembut, terbuat dari agar-agar, jelly atau custard yang dibuat dengan tambahan rasa buah-buahan, vanilla, coklat dan banyak lagi. Sementara di Inggris, puding mempunyai arti yang lebih luas mencakup berbagai macam hidangan penutup, dimana sebagian besarnya mempunyai tekstur seperti cake dan cara memasaknya pun tidak hanya di panggang, melainkan juga ada yang dikukus seperti Sussex Pond Pudding. Tetapi bangsa Inggris tidak mengenal panci kukus seperti halnya kita, mereka mengukus puding dengan cara meletakkan mangkuk berisi adonan kedalam panci yang berisi air mendidih. 

Kalau di Indonesia puding itu cenderung atau bahkan selalu manis, tetapi di Inggris tidak semua puding bercita rasa manis. Justru hidangan kalisk yang pertama kali dibuat pada abad pertengahan memiliki cita rasa yang gurih, puding ini dikenal dengan nama Blood Pudding. Seperti namanya, Blood Pudding dibuat dari darah binatang, lemak, biji-bijian, kismis dan rempah-rempah. Dan cara memasaknya sama seperti membuat sosis, dimana semua bahan-bahannya dimasukkan kedalam selubung alami. Dan hasil akhirnya puding ini berwana ungu tua atau hitam. Namun ketika buah-buahan kering mulai populer, puding mulai diolah menjadi hidangan yang manis dan berevolusi menjadi hidangan penutup.



Resep ini sebetulnya hasil modofikasi saya dari Sticky Date Pudding. Kurma, brown sugar, toffee, semuanya manis, sedangkan saya nggak begitu suka dengan manis yang terlalu strong. Jadi saya mencoba mengkombinasikan kurma dengan apel malang yang mempunyai rasa asam, dan jumlah gula dalam cake nya juga saya kurangi. sedangkan toffee atau butterscotch sauce nya saya ganti dengan saus karamel siap pakai biar lebih simple.


Manisnya passss.... cake nya moist, dan kombinasi antara cake, karamel, dan cream nya bikin merem melekkkk... *hahhahah..lebay!!!!. Tapi beneran enak deh. Anak-anak juga pada suka, bundanya juga suka...jadi cocok sodara!!! ;)


Stay cooking with love....

-eeyand-



2 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...