See My Pages

Senin, 02 September 2013

Es Kacang Hijau & Jus Pinacolada



Jam di laptop saya menunjukkan pukul 12.50, sinar matahari yang tampak dari jendela kamar yang tepat didepan saya terasa sangat terik. Sudah jelas... bahwa hari ini PANASSSS!!!!!. Dan, saya datang membawa postingan resep yang segaaaarrrrr... *yihhaa. Ini jajanan saya dulu waktu kecil, bedanya dulu saya meninmatinya dari plastik kecil sambil dikenyot-kenyot, sedangkan yang saya buat sekarang punya tampilan yang sedikit "bergaya", tapi yang jelas rasanya sama, enak niaaannnnnn!!. Postingan ini saya buat untuk Monthly Event Pawon Ibu bulan Agustus yang temanya Santan.

Es Kacang Hijau

Ingredients :
Kacang hijau
Air
Daun pandan
Santan
Gula pasir
Sedikit garam
Larutan tepung maizena.

Method :
Rebus air, kacang hijau dan daun pandan hingga kacang hijau empuk. Masukkan gula pasir, garam dan santan. Masak hingga mendidih, lalu tambahkan sedikit larutan maizena, aduk rata. Masak hingga mendidih kembali, angkat dinginkan. 
Masukkan kedalam cetakan, masukkan ke dalam freezer hingga beku.

Note : Resep diatas memang tidak ada ukuran nya, karena saya fikir semua pasti dah bisa bikin kacang hijau dong ya.. :D. Hanya saja, saya menambahkan sedikit larutan maizena, tujuannya adalah untuk menghomogenkan cairan, biasanya kalau santan dicampur air pada saat beku santannya akan memisah. Nah tujuan ditambahkannya larutan maizena ini supaya santan dan airnya nggak misah. Jadi penampilan es kacang hijaunya bisa bagus. Tapi ingat...ngasih larutan maizenanya jangan banyak-banyak ya... karena kita nggak mau bikin bubur.. ;)


Resep yang kedua yang masih berhubungan dengan santan dan segar-segar, ada Jus Pinacolada. Pinacolada sendiri adalah campuran antara nanas, santan, dan rhum. Tapi karena saya tidak mengkonsumsi rhum maka saya tidak menggunakannya. Sebelumnya saya pernah membuat Puding Pinacolada, dan yang ingin mengintip resep pudingnya, silahkan cek di SINI.


Jus Pinacolada
Ingredients :
150 gr nanas 
200 ml santan
300 ml air es / nisa es batu
gula secukupnya

Method : 
Campur semua bahan dalam blender. Blender hingga hakus, sajikan.





Simple banget kan ya bikinnya... Stay cooking with love...

-eeyand-

2 komentar: